Cara Mudah Mematikan Talk Back di ponsel Android

Cara Mudah Mematikan Talk Back di ponsel Android

Jalak Ikal 13 April 0 komentar
Jika Google memiliki fitur Google Talkback, Samsung pun memiliki fitur serupa bernama “Samsung Talkback” pada sistem operasi versi lawas atau “Voice Assistant” pada sistem operasi baru.

Meskipun memiliki nama yang sedikit berbeda, secara umum fitur talkback di perangkat Samsung ini memiliki fungsi yang cukup sama dengan Google Talkback, atau yang sekarang ini sudah menjadi Android Accessibility Suite.

Yang mana dalam hal ini, fitur ini pun bisa digunakan untuk membatu pengguna yang memiliki keterbatasan penglihatan dalam mengakses berbagai macam fitur-fitur dalam smartphone.

Saat fitur ini aktif, semua fitur yang ada dalam smartphone akan diubah ke dalam feedback berbentuk suara dan getaran, sehingga mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan bisa mengetahui posisi, jenis, hingga mengaktifkan fitur di dalam smartphone.

Dengan mengaktifkan fitur ini, semua yang disentuh, dipilih, dan diaktifkan oleh pengguna akan diinformasikan secara detail ke dalam kata-kata. Sementara untuk melanjutkan perintah, pengguna perlu mengetuk tombol sebanyak dua kali.

Dan sebagai akibatnya, kita yang menjadi pengguna biasa akan mendapatkan pengalaman yang berbeda saat menggunakannya. Tidak begitu sulit untuk digunakan, tetapi bagi yang belum terbiasa mungkin akan sedikit mengganggu.

Cara Mematikan Talk Back atau Aistent Voice di Ponsel Android

Oleh karena itu, kita bisa menonaktifkan fitur ini ketika tanpa sengaja mengaktifkannya. Khususnya untuk perangkat Samsung, fitur “Samsung Talkback” atau “Voice Assistant” bisa dinonaktifkan dengan menggunakan cara berikut ini!
Cara Menonaktifkan Fitur Talkback di Semua Perangkat Samsung

Sama seperti saat mengaktifkannya, jika kita mengaktifkannya dengan sengaja, kita bisa menonaktifkan fitur Talkback atau Voice Assistan Samsung melalui pengaturan (Settings).

Melalui Settings, kemudian masuk ke bagian Accessibility, lalu pilih menu Vision. Dari menu tersebut, kemudian pilih Voice Assistant atau Talkback, lalu ketuk tombol slider yang ada di dalamnya ke posisi mati (off).

Yang perlu diperhatikan, lokasi dan penamaan menu-menu tersebut di atas bisa sedikit berbeda pada beberapa perangkat Samsung. Hal ini karena perbedaan versi sistem operasi yang digunakan atau pengguna telah mengganti tampilan atau tema pada perangkat yang digunakan.

Selain itu, untuk memilih tombol atau menu-menu tersebut di atas, kita perlu mengetuknya sebanyak dua kali, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Dan untuk melalukan scroll, kita juga perlu menggunakan dua jari.

loading...
Ratings: 
Posted by Jalak Ikal, Published at 13 April and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi