Ads 728x90

Dede Ubed 09 April 0 komentar Read
adscblog
Saya selalu mengingatkan pengunjung Blogooblok untuk terus menulis. Karena dengan menulis banyak hal bisa terjadi. Salah satunya mendapatkan penghasilan. Kalau menulis di blog bagi Anda cukup sulit untuk mendulang uang, karena Google Adsense tidak kunjung menerima surat cinta Anda. Maka salurkan hobby menulis itu ke tempat lain.

Saat ini sudah sangat banyak aplikasi atau layanan agregator di dunia. Di Indonesia pun sudah tumpah ruah. Namun tidak banyak yang bertahan lebih lama, selain karena dukungan finansial yang kurang, juga karena kontennya kadang tidak beragam.

Banyak orang yang menyarankan untuk jadi penulis lepas di situs-situs freelance writer. Sayangnya, situs lokal untuk menampung penulis hebat di Indonesia belum ada. Pun kalau tersedia, kadang penghargaannya tidak manusiawi. Bagaimana mungkin, satu tulisan yang dibuat susah payah hanya dinilai dengan Rp10.000 atau Rp20.000.

(Baca Juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Dengan Menulis di Blog BABE)

Dari pada membuang waktu melelang diri disitus freelance lebih baik mencurahkan hati dan pikiran menulis di aplikasi agregator. Saat ini sudah banyak aplikasi agregator yang bisa dijadikan tempat menulis dengan hasil yang memuaskan. Bahkan mungkin lebih banyak jika hanya menulis di blog sendiri.

Aplikasi agregator di Indonesia yang cukup terkenal seperti Line News, BaBe atau yang terbaru masuk ke Indonesia adalah UC News. Aplikasi karya Alibaba ini sudah lebih awal muncul di negara asalnya China. Sang pendiri Alibaba, Jack Ma sendiri adalah salah satu orang terkaya dan berpengaruh di dunia.

Tulisan kali ini akan membahas tentang jadi penulis lepas di UC News dengan potensi penghasilan yang tidak sedikit. Saya sudah mengetahui informasi ini sejak lama. Bahkan saat UC News diperkenalkan pertama kali di Indonesia, saya jadi salah seorang yang hadir diacara tersebut.

Sayangnya, saat itu karena kesibukan, malah tidak terlalu peduli dengan tawaran yang dijanjikan. Bahkan saat hadir di Festival Media Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia di Pekanbaru Riau, akhir tahun 2016 lalu, kesempatan inipun terlewatkan. Saat itu saya hadir sebagai blogger yang diundang ke acara tersebut.

Singkat cerita, kali ini kita akan mencari tahu bagaimana cara menjadi penulis lepas dan mendulang dollar dari UC News. Sebenarnya cukup mudah dan singkat untuk menjadi penulis di UC News. Anda hanya perlu mendapat undangan dari orang yang sudah terdaftar di UC News. Berikut langkah-langkahnya.
  • Hal pertama yang harus kamu lakukan dengan mengunjungi link berikut>
  • Jika halamannya terbuka dan muncul undangan seperti gambar berikut, Anda hanya sisa mengklik tombol Gabung sebagai pertanda Anda menerima undangannya. 
  • Selanjutnya akan empat tahapan yang harus kamu lakukan untuk mendaftar. Tidak susah kok. Pada tahap pertama ada mendaftar dengan mengisi email dan password apa yang hendak digunakan. Sebelum mengklik kirim, jangan lupa untuk mencentang persyaratnnya.
  • Akan ada pesan yang masuk ke email kamu. Karena waktu kadaluarsa emailnya tidak lama, usahakan segera membuka emailnya lalu mengklik link yang disertakan. 
  • Anda akan digiring kembali ke halaman UC News dan diminta memilih jenis akun, apakah Pribadi atau Perusahaan. Jika kamu seorang penulis lepas, maka pilih akun Pribadi, tapi jika mewakili perusahaan yah dipilih yang akun perusahaan.
  • Tahap terakhir kamu akan diminta mengisi informasi sesuai jenis akun yang dipilih. Jika akun personal yang dibutuhkan hanya data berupa nama akun, kategori yang dihendaki, nama operator, nomor KTP, nomor telpon, situs pribadi dan nomor NPWP, sedangkan jika jenis akun yang didaftarkan perusahaan, akan ada informasi tambahan yang yang harus diisi, yakni nomor izin usaha dan situs perusahaan.
Jika semua prosesnya selesai, berarti Anda sudah terdaftar. Kamu hanya harus menunggu email pemberitahuan bahwa permohonan yang kamu ajukan telah diterima sepenuhnya. Jika akunnya telah diapprove, maka di bagian akun akan tertulis Normal dengan warna hijau.

Saatnya kemudian membuat tulisan pertama. Jika tulisan mu berhasil tayang di UC News dan jumlah pembacanya telah genap 1000 views, maka akan secara otomatis kamu mendapat bonus dari UC berupa uang senilai Rp60.000 atau $4.5 USD, karena mereka menghitungnya pakai dollar.

Jika ditanya kemudian, apakah bonusnya hanya Rp60.000 itu. Jawabnnya tidak demikian. Meski UC News belum membayar setiap penulisanya dari artikel yang berhasil tayang, mereka menawarkan kerjasama yang cukup baik. Karena setelah tujuh hari terdaftar di UC News, kamu bisa menjalin kerjasama monetisasi konten. Itu artinya, hampir sama dengan blog yang didaftarkan Google Adsense.

Mereka akan menghitung penghasilan kita dari jumlah pembaca. Semakin banyak artikel yang kita upload, maka semakin besar pula kemungkinan mendapatkan hasil yang memuaskan. Memang belum ada informasi berapa persen pembagian yang akan dilakukan UC dengan penulisnya, namun dengan sistem seperti ini, kemungkinan berpenghasilan setiap saat akan terjadi.

Ada dua metode pembayaran yang bisa dilakukan untuk mencairkan pendapatan dari UC News, yakni melalui Payoneer dengan minumum payment $50 USD dan melalui bank transfer dengan minumul penghasilan $100 USD. Silahkan dipilih mana yang lebih baik. Namun dengan Payoneer potongannya akan lebih kecil, karena tranfer uang dari luar negeri apalagi dollar masih tinggi potongannya ke Indonesia.

Dengan menulis di UC News kamu bisa berkarya dan mendapatkan penghasilan tetap. Mereka juga sering melakukan lomba-lomba yang hadiahnya tidak sedikit. Bahkan ada satu lomba yang mereka selenggarakan hadiah totalnya sampai Rp1 miliar. Lomba ini hanya untuk kontributor yang terdaftar di akun mereka. Jadi tunggu apalagi, silahkan kembangkan kemampuan menulismu dengan pembaca yang sudah pasti.
adscblog

ads1
Posted by Dede Ubed, Published at 09 April and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi

Ads 728x90