10 Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus anda Coba

10 Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus anda Coba

Jalak Ikal 07 November 0 komentar


WhatsApp (WA) sepanjang tahun 2020 telah merilis ragam fitur baru agar penggunanya makin nyaman dan aman saat terhubung dengan sesama. Seperti dirangkum dari laman WhatsApp, Jumat (11/6/2020), setidaknya ada 10 fitur andalan mereka yang wajib dicoba penggunanya. Selengkapnya sebagai berikut: 

1. Mode Gelap Diumumkan pada Maret 2020, dark mode atau mode gelap diklaim WhatsApp sebagai fitur yang paling banyak diminta oleh penggunanya. 

Fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah. Fitur ini juga membantu mencegah situasi yang tidak nyaman ketika ponsel menerangi ruangan.

Pengguna Android 10 dan iOS 13 dapat menggunakan mode gelap dengan mengaktifkannya di pengaturan sistem. Pengguna Android 9 atau yang lebih lama dapat mengaksesnya dengan membuka Setelan WhatsApp > Chat > Tema > pilih "Gelap".
 

2. Pusat Informasi Corona Diperkenalkan pada April 2020, fitur ini adalah salah satu cara WhatsApp dalam melawan COVID-19 sekaligus upaya mereka memerangi hoaks. 

Pusat Informasi Corona memberikan panduan untuk terhubung secara jarak jauh, memilih sumber informasi terpercaya, dan pemeriksa fakta. Informasi selengkapnya bisa mengunjungi laman ini. 

3. Stiker WhatsApp merilis Paket stiker "Bersama di Rumah" dengan teks yang diterjemahkan dalam 9 bahasa: Arab, Prancis, Jerman, Indonesia, Italia, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Turki. 

Diumumkan pada April 2020, paket stiker itu akan membantu pengguna untuk tetap terhubung selama pandemi COVID-19 dan di banyak situasi lainnya. "Stiker seperti ini dapat menjadi hal yang lucu, mendidik, dan universal, melintasi perbedaan bahasa, usia, dan rintangan lainnya," kata WhatsApp. 

4. Panggilan Video Grup dan Suara Hingga 8 Peserta Masih di bulan April 2020, WhatsApp merilis fitur yang memungkinkan panggilan video grup dan suara hingga 8 peserta. Untuk dapat mengakses batas peserta yang lebih tinggi di panggilan WhatsApp, semua peserta dalam panggilan perlu memperbarui ke WhatsApp versi terbaru yang tersedia pada iPhone atau Android.

5. Fitur Pembayaran WhatsApp merilis fitur pembayaran digital yang memungkinkan pengguna dapat mengirim uang dengan aman atau melakukan pembelian dari bisnis lokal tanpa perlu keluar dari chat. Akan tetapi fitur yang diperkenalkan pada Juni 2020 itu baru tersedia di Brasil. WhatsApp mengatakan fitur pembayaran digital akan dilepas secara bertahap. 

6. Stiker Animasi, Kode QR, dan Fitur Lainnya WhatsApp pada Juli 2020 memperkenalkan ragam fitur menarik yang di antaranya yaitu stiker animasi, kode QR, serta mode gelap untuk WhatsApp Web dan Desktop. 

Stiker adalah salah satu cara berkomunikasi yang paling digemari di WhatsApp. Karena miliaran stiker dikirim pengguna setiap hari, WhatsApp meluncurkan paket stiker animasi baru yang lebih seru dan ekspresif. 

WhatsApp membuat proses menambah kontak baru menjadi sangat mudah. Ketika mendapat kenalan baru, pengguna dapat memindai kode QR mereka untuk menambahkan mereka ke kontak. Pengguna tidak perlu lagi mengetik nomor telepon satu per satu. 

Sementara mode gelap untuk WhatsApp Web dan Desktop adalah dark mode yang sangat disukai kini berekspansi ke komputer. 

7. Menghubungi Akun Bisnis WhatsApp mendukung lebih dari 50 juta bisnis kecil yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business. WhatsApp masih di bulan Juli 2020 merilis dua fitur baru untuk memudahkan pengguna guna memulai chat dengan akun bisnis di WhatsApp dan melihat produk dan layanan apa saja yang ditawarkan. 

Yang pertama yaitu memulai chat dengan akun bisnis menggunakan kode QR yang memungkinkan pengguna memulai chat dengan bisnis cukup dengan memindai kode QR yang dipasang bisnis tersebut di etalase toko, kemasan produk, atau tanda terima pembelian. 

Berikutnya yaitu berbagi katalog untuk menemukan penawaran dari bisnis. Untuk mempermudah pengguna menemukan produk suatu bisnis, WhatsApp memungkinkan katalog dan item satuan untuk dibagikan sebagai tautan di situs web, Facebook, Instagram, dan platform lainnya.

8. Fitur Cari di Website Diumumkan pada Agustus 2020, WhatsApp merintis cara sederhana untuk memeriksa ulang pesan yang diteruskan dengan cara mengetuk tombol kaca pembesar di dalam chat. 

WhatsApp berharap dapat membantu pengguna untuk menemukan hasil pencarian berita atau sumber informasi lain mengenai konten yang telah mereka terima. 

Fitur pencarian itu bekerja dengan memungkinkan pengguna untuk mengunggah pesan melalui browser.WhatsApp mengklaim tidak akan melihat pesan tersebut. 

9. Belanja dan Pembayaran WhatsApp memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola bisnisnya melalui fitur belanja dan pembayaran yang diumumkan pada Oktober 2020. 

Meski demikian fitur tersebut akan diluncurkan secara bertahap di bulan-bulan mendatang.

Lain itu, pada fitur Penjualan Layanan bagi Bisnis, WhatsApp akan mengenakan biaya untuk sebagian layanannya yang ditawarkan kepada bisnis yang menjadi pelanggan mereka. 

10. Pesan Sementara Diperkenalkan pada 5 November 2020, fitur pesan sementara memungkinkan pesan baru yang dikirim ke chat tersebut akan hilang setelah 7 hari. 

WhatsApp mengatakan fitur ini akan membantu menjadikan percakapan terasa lebih ringan dan privat. Dalam chat individual, masing-masing pihak dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara. Dalam chat grup, hanya admin yang memegang kendali untuk menyalakan dan mematikan fitur pesan sementara. Fitur pesan sementara rencananya diluncurkan bulan November ini.


loading...
Ratings: 
Posted by Jalak Ikal, Published at 07 November and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi