Ads 728x90

Dede Ubed 02 Juli 0 komentar Read
adscblog
Bagi Anda pengguna WordPress akan dimanjakan dengan Ada banyaknya plugin SEO gratis yang bisa Anda pilih untuk digunakan pada optimasi SEO website WordPress yang Anda miliki. Namun, dari sekian banyak plugin SEO yang terdapat pada library WordPress, Anda akan menemukan dua plugin SEO yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna WordPress diseluruh dunia, kedua plugin SEO tersebut adalah All in One SEO dan SEO by Yoast. Memang kedua plugin tersebut memiliki versi premium, namun bagi saya versi gratis dari keduanya sudah lebih dari cukup untuk membuat situs Anda lebih SEO friendly.

all in one seo
Seperti pada judul dari artikel ini saya khusus akan membahas secara lengkap panduan cara install dan settings plugin All In One SEO karena pada artikel lain saya juga sudah membahas secara lengkap cara install dan settings SEO by Yoast. Untuk blogger pemula, mengkonfigurasi plugin All in One SEO bisa sangat rumit, dan tanpa mengkonfigurasi plugin Anda tidak bisa mendapatkan manfaat lebih dari plugin ini.

All in One SEO adalah plugin yang mempunyai pengaturan lebih sederhana dibanding plugin pesaingnya SEO by Yoast. Bagi Anda yang tidak suka kerumitan bisa jadi plugin ini akan cocok buat Anda. Dan plugin ini mempunyai halaman pengaturan yang menjadi satu sehingga Anda akan mudah mengikuti tutorial ini.

WordPress memang sudah diciptakan sebagai platform yang ramah dengan mesin pencari dan sudah dioptimalkan untuk SEO secara default, tapi selain dari pengaturan default, ada banyak pengaturan yang perlu kita lakukan untuk membuatnya lebih solid untuk mesin pencari. Berikut adalah panduan konfigurasi yang lengkap untuk All in One SEO WordPress Plugin, yang akan membantu blog Anda lebih SEO friendly.

Cara Menggunakan dan Konfigurasi All in One SEO WordPress

Untuk menggunakan plugin All in One SEO Pack ini Anda harus menginstall dan mengaktifkan plugin tersebut. Anda bisa melihat artikel Panduan Lengkap Install Plugin WordPress jika belum tahu cara install plugin di WordPress. Setelah plugin Anda aktifkan, Anda akan melihat menu baru dengan nama “All in One SEO” pada menu sidebar admin WordPress Anda dan klik “General Settings”.
General settings
Pada General Settings Anda bisa melihat pengaturan seperti gambar diatas, dimana saya mencentang “Canonical URL”, “Use Original Title” dan “Use Schema.org Markup”.
Homepage settings
Pada pengaturan “Homepage Settings” ini Anda perlu mengisi beberapa detail seperti Home Title, dan Home Descriptions. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai apa yang harus Anda isi.

Home Title: Isi dengan nama Blog Anda bersama dengan Keyword (kata kunci) atau tag line, pada kolom ini Anda di sarankan untuk mengisi maksimal 60 karakter untuk hasil yang lebih baik. (Contoh: Centerklik Tutorial dan Themes WordPress Gratis Lengkap).

Home Descriptions: Pada kolom ini Anda isi dengan deskripsi blog Anda, Anda di sarankan untuk mengisi tidak lebih dari 160 karaket. Buatlah deskripsi Anda bermakna, informatif dan terdapat keyword (kata kunci) yang kaya.

Home Keywords: Pada pengaturan ini pada screenshot diatas tidak terlihat karena memang tidak saya aktifkan, karena Search engine tidak bergantung pada Meta Keywords lagi, sehingga Anda dapat mengabaikan bidang ini, tetapi jika Anda lebih memilih menggunakan Keyword ini Anda dapat mengisinya dengan kata kunci yang Anda bidik.
Title Settings
Anda dapat mengikuti pengaturan “Title Settings” seperti yang ditunjukkan pada gambar. Atau Anda bisa menghapus format %blog_title% pada bagian Post Title Format.
Dan dibawah ini adalah pengaturan yang harus Anda sesuaikan untuk “Custom Post Type Settings” :
Custom post type
dan pengaturan pada “Display Settings”, Anda dapat mengatur seperti gambar diatas.
Webmaster verification all in one seo
Webmaster Verifications: bagian ini berguna untuk verifikasi blog WordPress Anda dengan Google Webmaster Tools, Bing Webmaster Tools dan Pinterest. Yang perlu Anda lakukan adalah, mendaftarkan situs Anda ke semua tiga situs tersebut, dan ambil kunci verifikasi, dan paste di bagian tersebut. Anda tidak perlu mengisi semua jika Anda hanya mendaftarkan situs Anda pada mesin pencari Google dan Bing.

google settings all in one seo
Google Settings: Plugin All in One SEO mendukung Google Authorship. Ini akan bekerja dengan baik ketika Anda menjalankan blog WordPress dengan penulis tunggal. Cukup tambahkan URL profile Google plus Anda, dan di profile Google plus Anda tambahkan link ke Blog Anda juga. Pada pengaturan ini Anda juga dapat memasukkan ID Google Analytics yang berguna untuk mengaktifkan pelacakan Google Analytics untuk blog Anda. noindex settings
Pada pengaturan “noindex settings” inilah dimana sebagai salah satu pengaturan yang paling penting, karena Anda tidak ingin halaman arsip Anda untuk diindeks di Google. Perlu Anda ketahui bahwa halaman arsip digunakan untuk pengalaman pengguna dan untuk navigasi situs Anda. Ketika terindeks di search engine, halaman arsip bekerja sebagai halaman berkualitas rendah. Jadi, sebaiknya pada pengaturan ini Anda pilih noindex semua halaman arsip.

Di bagian bawahnya terdapat pengaturan “Advance Settings”, hilangkan centang pada pilihan “Auto Description Generated,” Dengan begitu Anda dapat menulisi Meta Descriptions sesuai dengan keinginan Anda sendiri yang dapat menghasilkan CTR yang lebih baik.
keyword settings all in one seo
Pada pengaturan yang terakhir adalah “Keyword Settings” (Kata Kunci), dan seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa sekarang mesin pencari tidak bergantung pada Meta Keyword, dalam pengaturan ini maka lebih memilih untuk menon-aktifkan (disabled).
Dan setelah pengaturan selesai Anda lakukan, selanjutnya Klik “Update Options”, dan Anda siap menggunakan plugin All in One SEO Pack ini.

Cara Pengaturan All in One SEO Pada Post dan Halaman

Ada dua pilihan dalam pengaturan Post dan Page jika Anda menonaktifkan Keyword settings pada konfigurasi tadi, tapi jika Anda memilih enabled pada Keyword Setting maka akan terdapat tiga pilihan. Pada bagian ini adalah informasi yang akan ditampilkan pada hasil pencarian di mesin pencari:
pengaturan All in One SEO post
Meta Title
Ini dapat Anda isi dengan judul artikel Anda, pastikan kata kunci (keyword) yang Anda bidik juga masuk pada bagian ini. Ketika Anda menulis posting, ada perbedaan antara bagaimana Anda ingin mesin pencari untuk melihat posting Anda dan bagaimana Anda ingin pembaca Anda untuk melihat judul posting. Opsi ini memberikan Anda kebebasan untuk membuat pencarian judul posting Anda ramah untuk mesin pencari serta untuk pengunjung Anda juga. Dan pastikan Judul tidak lebih dari 60 Karakter.

Meta Descriptions
Meta description adalah salah satu bagian yang paling penting dari optimasi SEO. Meta description adalah informasi kutipan yang akan ditampilkan di hasil pencarian dari halaman Anda. Anda dapat memasukkan deskripsi yang kaya kata kunci, dan jika Anda tidak mengisi bagian ini maka plugin ini secara otomatis akan mengambil 160 kata pada awal paragraf sebagai deskripsi. Saya sarankan Anda menulis kurang dari 160 karakter untuk meta description, yang juga harus mencakup target kata kunci Anda.

Keywords
Anda dapat membiarkan bagian ini kosong atau menon-aktifkan pengaturan ini, karena seperti yang sudah saya bilang tadi bahwa Google sudah tidak menggunakan Meta Keywords atau meta kata kunci untuk menemukan artikel Anda di hasil pencarian. Tapi, jika Anda tetap mengisinya juga tidak apa-apa, karena ini digunakan untuk mengoptimalkan artikel Anda nantinya.

Feature Manager

Dalam All in One SEO juga terdapat menu Feature Manager yang berisikan tentang Add Ons yang sangat berguna seperti : XML Sitemaps, Social Meta, Robots.txt, File Editor, Importer and Exporter, Bad Bot Blocker, Performance dan yang terakhir adalah Video Sitemaps (Hanya untuk versi Pro).
Feature manager all in one seo
Fitur-fitur diatas sama seperti fitur tambahan yang dibawa oleh SEO by Yoast, dengan mengaktifkan fitur-fitur tersebut Anda akan mendapatkan manfaat berlebih seperti XML sitemaps, dengan mengaktifkan Add Ons tersebut Anda tidak perlu lagi menginstall plugin Google XML Sitemaps. File Editor berfungsi untuk mengedit file htaccess tanpa perlu masuk ke cpanel hosting Anda dan masih banyak lainnya. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu menekan tombol “Activate” dan untuk menonaktifkan Anda hanya perlu menekan kembali tombol yang berubah menjadi “Deactive”.

Diatas adalah Tutorial Menggunakan All in one SEO Pack di WordPress yang bisa Anda ikuti agar optimasi SEO situs web WordPress Anda lebih maksimal dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencarian. Silahkan di coba dan semoga bermanfaat.
adscblog

ads1
Posted by Dede Ubed, Published at 02 Juli and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi

Ads 728x90