Ads 728x90

Dede Ubed 07 Mei 0 komentar Read
adscblog
Semahal apa pun perangkat yang kamu beli, semakin lama digunakan kecepatan akan menurun. Tapi kita bisa mengakali agar membuat performanya tetap ngacir.

Ada beberapa yang bisa kamu lakukan. Berikut sejumlah tips dan trik yang dikutip dari Android Central agar membuat ponsel Android tetap ngacir meski telah lama digunakan.

Gunakan Files Go

Aplikasi besutan Google ini akan mempermudah kita untuk mengatur dan membersihkan slot penyimpanan file pada ponsel. Desainnya yang simpel memudahkan untuk kita menggunakannya.

Files Go punya dua bagian, Storage dan Files. Tekan Storage untuk melihat seberapa banyak ruang penyimpanan di ponsel yang masih tersedia.

Di bagian ini juga kita turut diberikan tips untuk membuat lapang ruang penyimpanan. Selain itu kita dapat mudah membersihkan cached data pada aplikasi.

Bikin Ngacir Perangkat AndroidFoto: Internet

Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Sejumlah perangkat yang tidak menjalankan Android polosan kerap disematkan sejumlah aplikasi besutan vendor ponsel. Padahal aplikasi tersebut jarang atau malah tidak digunakan pengguna.

Sayangnya aplikasi ini tidak semuanya bisa dihapus. Kendati begitu pengguna dapat menonaktifkannya. Caranya menekan Settings > Apps. Tekan pada aplikasi yang tidak dikenal, lalu pilih Uninstall atau Disable.

Lakukan hal serupa pada aplikasi yang kamu instal namun jarang digunakan. Selain dengan cara di atas, kita bisa menggunakan Files Go untuk meng-uninstall aplikasi yang jarang dipakai.

Pakai Aplikasi Ringan

Jika ponsel yang kamu pakai terbatas RAM dan memori internalnya, disarankan menggunakan aplikasi versi ringan. Saat ini sejumlah developer merilis versi lite dari aplikasinya, contohnya YouTube Go, Twitter Lite, Skype Lite, Facebook Lite dan lain-lain.

Bikin Ngacir Perangkat AndroidFoto: Internet

Instal Update

Jika ada pembaruan sistem operasi disarankan segera menginstallnya. Sebab pembaruan tersebut kerap membawa sejumlah peningkatan pada performa. Untuk melakukan pengecekan, buka Settings > About Phone > System Update.

Home Screen

Menggunakan Live Wallpaper memang menarik, tapi bisa membuat ponsel melambat. Disarankan memakai wallpaper biasa.

Launcher

Sejumlah launcher bawaan vendor kerap melambatkan performa ponsel. Coba ganti dengan launcher yang ringan, misalnya Google Now Launcher.

Background

Aplikasi yang berjalan di latar belakang cenderung menguras baterai. Jadi sangat disarankan untuk rutin memantau penggunaan baterai telpon. Caranya buka Settings > Battery. Jika melihat aplikasi yang tidak normal, tekan Force Stop.

Bikin Ngacir Perangkat AndroidFoto: Internet


Nonaktifkan Bluetooth
Menonaktifkan Bluetooth yang tidak digunakan akan menghemat baterai.

Optimasi Baterai
Kebanyakan aplikasi optimasi baterai cenderung kurang bermanfaat. Malah kamu dihujani banyak iklan. Jadi sebaiknya kita menghapusnya saja.
adscblog

ads1
Posted by Dede Ubed, Published at 07 Mei and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi

Ads 728x90