Cara Menjadi VLOG yang Baik dan Alat Yang Harus di Sediakan

Cara Menjadi VLOG yang Baik dan Alat Yang Harus di Sediakan

Jalak Ikal 10 April 0 komentar
Video Blogging, Vlog atau Vlogging telah keluar sebagai revolusi dalam dunia pemasaran konten. Vlogging dapat memberikan dorongan besar untuk kampanye pemasaran online Anda.

Ini memberikan metode yang kuat untuk menjangkau khalayak ramai dan berhasil menarik sejumlah lalu lintas ke blog Anda.
Terdorong oleh kesuksesan besar YouTube, banyak blogger melakukan lompatan besar untuk Video Blogging atau Vlogging.

Selain itu, dengan revolusi video, membuat dan berbagi video menjadi lebih mudah secara drastis yang dengan sendirinya mendorong blogger untuk melakukan Blogging Video.
Namun, Vlogging mengharuskan Anda untuk mengambil setiap langkah dengan cara yang tepat dan perlu  pemikiran yang baik sehingga pengunjung situs web Anda menghargai upaya Vlogging Anda. Blog video Anda tidak boleh dibuat dengan buruk, dimana itu dapat merusak citra blog Anda.

Target audiens Anda dapat sepenuhnya mengabaikan blog video yang Anda buat dengan hasil yang jelek. Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui setiap pembuatan video blogging atau Vlogging.

Di bawah ini saya menyebutkan pentingnya Vlogging dan dilanjutkan dengan pembahasan tentang bagaimana cara memulai Vlogging. Selain itu di artikel ini saya juga telah membahas bagaimana dan mengapa Anda harus memulai Vlog Anda (Video Blogging). Dan juga mendaftar alat dan peralatan Vlogging sebagai penunjang pembuatan video blogging Anda sehingga menghasilkan video yang keren dan profesional.

Apa itu Vlog?

Vlog berarti blog video.
Faktanya, Vlog adalah jenis blog yang isinya berbentuk video. Ini adalah blog yang berisi konten video.
Dalam memulai vlog, Anda harus posting Vlog secara reguler, Anda terus membuat video tentang diri Anda atau acara atau kegiatan apapun dan kemudian mengunggahnya ke internet, dan akhirnya mempublikasikannya dalam posting di blog Anda.

Vlog sangat diminati oleh pemirsa di seluruh dunia karena pemirsa video digital terus mencatat kenaikan tajam dari 372 juta menjadi hampir 700 juta hanya dalam empat tahun dari tahun 2012 hingga 2016. Bahkan, Vlogs telah memperoleh status sebagai salah satu jenis konten video digital paling populer yang menampilkan vloggers atau “blogger video” yang terus mengabadikan dan berbagi kehidupan mereka secara jujur.

Pentingnya Vlogging Dan Mengapa Anda harus Melakukan Vlog?

Vlogging memberikan serangkaian keunggulan berbeda dari blogging biasa. Studi penelitian telah mengungkapkan bahwa sebanyak 63% orang lebih mungkin membeli produk jika mereka melihatnya dalam sebuah video. Jadi dengan vlogging, Anda dapat meningkatkan pelanggan, audiens, dan investor Anda. Kemudian blog video memiliki efek luar biasa pada platform media sosial.

Lebih dari 90% pengguna ponsel cenderung berbagi video dengan orang lain. Lihat saja popularitas YouTube untuk merasakan apa yang dapat dimiliki Vlogging pada pelanggan dan jumlah pemirsa Anda. Statistik mengungkapkan bahwa YouTube memiliki lebih dari 1 miliar kunjungan pengguna unik setiap bulan.

Dengan Vlogging, Anda memiliki peluang lebih baik untuk memenangkan pelanggan Anda. Vlogging memberi Anda kesempatan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda.
Dengan Vlogging Anda terus memberi wajah dan suara untuk merek Anda dan dapat menerjemahkan, pelanggan Anda ingin menjadi kenyataan sehingga mereka menjadi pendukung nyata Anda. Koneksi pribadi muncul ketika orang sungguhan berbicara atas nama merek dan

Vlogging adalah teknik yang tepat untuk melakukan ini untuk Anda. Bahkan, tidak ada paralel dengan Vlogging karena memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan pelanggan Anda pada tingkat yang lebih pribadi dan langsung. Ini menyediakan konten visual yang disukai dan dibagikan pada audiens Anda dengan orang lain. Anda harus mengenali fakta bahwa video adalah media yang paling menarik perhatian yang dapat Anda gunakan untuk konten online Anda. Jadi, jika Anda ingin menarik perhatian pengunjung, Anda harus menggunakan teknik Vlogging.

Kemudian dengan “Vlogging,” Anda mencoba untuk menonjol dari kerumunan dunia blogging. Meskipun video dengan cepat menjadi sangat populer, namun Vlogging masih dalam masa pertumbuhan, dan Anda dapat menggunakan fakta ini untuk menjadi terlihat lebih menonjol dari pada umumnya. Vlogging tidak hanya memasukkan seseorang yang duduk di depan kamera, tetapi juga mencakup Infografis, gambar, animasi, dan banyak lagi. Jadi dengan Vlogging, Anda memiliki banyak opsi untuk dipilih.

Vlogging hadir sebagai alat bantu visual. Seperti yang akan Anda hargai, sebuah gambar bernilai ribuan kata. Jadi dengan blogging video, Anda memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan pelanggan Anda. Dengan Vlogging, orang dapat mengikuti panduan Anda dan tidak harus membaca seluruh artikel. Mereka bisa melihat apa yang harus dilakukan daripada membaca apa yang harus dilakukan. Selain itu, penjelasan melalui video juga dikenal lebih mudah dipahami daripada tulisan.

Video sekarang menjadi bagian integral dari hasil mesin pencari. Anda hanya perlu memasukkan teknik SEO ke blog video Anda dan melihatnya muncul di antara hasil teratas di halaman hasil mesin pencari. Anda dapat memasukkan subtitle, deskripsi yang sesuai, dan judul yang menarik untuk blog video Anda sehingga menarik pemirsa untuk melihat video Anda.

Cara Menjadi Vlogger

Mari kita lihat lebih dekat dunia vlogging.
  • Tentukan topik untuk Vlog: Itu bisa apa saja, asalkan tidak menghina, ilegal, atau membosankan. Ingatlah bahwa Anda harus unik dan jujur ​​pada diri sendiri. Jangan lakukan apa yang dilakukan orang lain.
  • Buat akun YouTube dan datang dengan nama yang menarik untuk Channel Anda: Pastikan untuk membangun saluran yang menarik. Pikirkan username Anda karena hampir tidak mungkin untuk menjadi besar dengan username yang tidak dapat dibaca.
  • Buat sepuluh atau lebih video bagus: Buat video bagus dan menarik. Anda dapat memposting satu atau dua setiap hari untuk sementara waktu, dan kemudian pergi setiap hari atau setiap hari setelahnya.
  • Posting salah satu video tersebut ke video terkenal yang terkait sebagai tanggapan video.
  • Tetap aktif: Tetapkan tanggal tertentu untuk mengunggah video. Sebagai vlogger, Anda harus memposting setidaknya tiga atau empat kali seminggu. Jika ini kedengarannya terlalu berat bagi Anda, maka lakukanlah satu per minggu.
  • Edit video Anda: Anda dapat menggunakan Windows Movie Maker untuk mengedit video Anda.
  • Atur banner, avatar, dan thumbnail video Anda
  • Cobalah untuk menjadi mitra YouTube: Anda perlu beberapa ribu tampilan untuk melakukan itu. YouTube memberi Anda penghasilan dengan menampilkan iklan di video Anda. Video Anda juga dapat muncul di hasil pencarian.
  • Berkomunikasi dengan pengikut Anda: Tanggapi komentar, pesan, dan tanggapan video yang Anda terima.

Bagaimana cara memulai Vlog?

Blog video yang sukses dapat menjadi alat pemasaran yang kuat di tangan Anda. Dengan Vlogging, Anda dapat memanfaatkan potensi yang ditawarkan oleh revolusi pemasaran digital. Namun, Anda perlu melakukan Vlogging dengan cara yang benar, dan untuk itu, Anda harus tahu bagaimana Anda seharusnya melakukan Vlogging. Di bawah ini, saya telah membuat daftar lengkap yang menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda harus memulai Vlogging Anda.

1. Ketahui Pemirsa Target Anda

Jika Anda melayani audiens target niche, blog video Anda harus beradaptasi dengan gaya dan kesenangan dari audiens yang ditetapkan. Misalnya, gambar yang digunakan, kata-kata, gaya berpakaian dan teknik pembuatan film harus disesuaikan dengan audiens itu. Cara-cara itu Anda dapat mengkomunikasikan pesan Anda secara efektif kepada audiens target Anda. Namun, jika Anda melayani audiens yang lebih luas, maka Anda harus menghindari elemen-elemen yang dapat merugikan audiens Anda terhadap pesan Anda.
Misalnya, Anda tidak boleh menggunakan musik yang dapat mengasingkan pemirsa tertentu.

2. Pilih Saluran Distribusi Anda

Saluran distribusi Anda untuk blog video Anda harus sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan berbagi dengan mudah, dan harus terintegrasi dengan baik dengan platform lain.
Sebagai saluran distribusi untuk blog video Anda, YouTube adalah platform yang baik karena memungkinkan berbagi dengan mudah, terintegrasi dengan baik dengan platform lain, dan juga berfungsi sebagai situs jejaring sosial.
Vimeo dan Viddler adalah opsi lain yang mungkin perlu Anda pertimbangkan.

3. Mengedit

Blog video Anda harus diedit dengan baik agar menarik bagi audiens Anda. Hasil akhir Anda harus terlihat profesional dalam setiap aspek, apakah itu pencahayaan, efek visual, menambahkan layar terpisah, dll.
Untuk tujuan pengeditan, Anda dapat mempertimbangkan perangkat lunak gratis seperti Filmora atau iMovie.

4. Kamera dan Suara

Sejauh menyangkut kamera, Anda dapat menggunakan kamera video yang sebenarnya atau mungkin menggunakan kamera Smartphone atau dapat menggunakan kamera yang terintegrasi pada PC atau laptop Anda. Kamera mana pun yang Anda gunakan, Anda harus melakukan latihan berjalan sebelum memfilmkan video Anda sehingga Anda sangat menyadari proses pembuatan film yang sebenarnya dan tidak menghadapi kesulitan ketika Anda turun untuk merekam video Anda. Kualitas suara Anda harus sempurna dan harus tanpa kebisingan atau gangguan lainnya. Jika kualitas suara Anda buruk, pemirsa Anda tidak akan melihat video Anda. Untuk kualitas suara yang sempurna, Anda dapat menggunakan mikrofon eksternal atau dapat merekam audio secara terpisah dan menggabungkannya nanti.

5. Buat Video Dengan Durasi Singkat

Untuk membuat blog video Anda efektif, Anda harus membuat video dengan durasi yang singkat sehingga mereka dapat membuat dampak dan dapat menyampaikan pesan langsung. Video pendek menciptakan kesan positif tentang fungsi bisnis Anda dan meninggalkan dampak yang kuat pada audiens target Anda. Sebaliknya, video lama langsung kehilangan pengunjung karena tidak efektif dalam meninggalkan dampak pada pengunjung Anda.
  Jadi Anda tahu bahwa Anda juga bisa mengikuti revolusi Vlogging atau Video Blogging jika Anda mendekati Vlogging dengan cara yang benar seperti yang saya ilustrasikan di atas menunjukkan kepada Anda bagaimana memulai Vlogging (Video Blogging) Anda. Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pelanggan Anda, Anda harus menggunakan Vlogging dan harus menggunakan alat pemasaran yang kuat dan mendapat manfaat dari revolusi pemasaran digital ini.

Alat Vlogging dan Peralatan Vlogging

Vlogging tidak terlalu sulit ketika Anda menggunakan set alat yang tepat yang membantu Anda untuk membuat Vlog yang lebih baik.
Di bawah ini saya akan menggambarkan alat dan perlengkapan profesional yang akan membantu Anda membuat Vlog dengan mudah.

Kamera Vlogging

Kamera adalah salah satu alat terpenting dalam memulai vlog. Bahkan, Vlogging dimulai dengan penggunaan kamera.

Kamera yang Anda gunakan harus memiliki resolusi tinggi sehingga video yang Anda rekam harus memiliki kualitas video definisi tinggi.

Sangat penting untuk mendapatkan kualitas video high-end, dan itu hanya bisa terjadi ketika Anda menggunakan kamera definisi tinggi.

Tripod

Mengambil video definisi tinggi itu bagus, tetapi tidak ada gunanya saat rekaman tidak stabil. Posting video yang tidak stabil dapat merusak seluruh upaya vlogging Anda.

Jika Anda sering menghadapi masalah seperti itu, maka waktunya Anda menggunakan tripod. Dengan menggunakan tripod, Anda dapat mengunci kamera dan pada akhirnya menangkap sudut terbaik untuk merekam video Anda.

Karena itu, Anda dapat menggunakan tripod universal tempat kamera berbeda dapat dipasang dengan mudah.

Pencahayaan

Untuk Vlogging, pencahayaan Anda tidak harus mewah. Itu hanya perlu efektif. Anda perlu memastikan bahwa video dapat menerima perhatian pemirsa dengan mudah. Jadi, seharusnya tidak ada bayangan di wajah Anda.

Mikropon

Audio adalah salah satu unsur terpenting Vlog. Jika audionya buruk, pemirsa tidak akan tinggal untuk menonton video Anda lebih lama, mereka akan segera pergi dan mencari video lain

Perekam Audio Portable

Perekam audio portabel adalah alat yang berguna untuk dimiliki saat Anda bekerja dengan mikrofon XLR profesional.
Ini membantu untuk mem-bypass pre-amp berkualitas rendah yang ditemukan pada DSLR dan kamera saku lainnya untuk merekam suara berkualitas tinggi.
File audio yang direkam secara terpisah kemudian dapat disinkronkan dengan video Anda.

Software Editing Video

Setelah Anda selesai merekam video Anda, saatnya beralih pada beberapa pekerjaan pasca produksi. Ini dapat dicapai dengan menggunakan Software Editing Video.
Dengan Software Editing Video, Anda dapat membuat pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung Anda.

Diperjalanan

Alat vlogging yang nyaman ada di saku Anda dalam bentuk Smartphone.
Hampir semua Smartphone telah diberdayakan dengan kamera berkualitas tinggi yang mampu merekam video saat bepergian.

Jika tidak diperlukan pengeditan, Anda dapat langsung mengunggah video ke YouTube atau melakukan pekerjaan pasca produksi dengan memoles video Anda dengan aplikasi pengeditan video.
Namun, sebagai aturan praktis, Anda harus selalu merekam video Anda secara horizontal untuk mendapatkan pengalaman video yang paling banyak disukai pemirsa.

Software Perekaman Layar

Camtasia Studio adalah software yang bagus untuk memulai vlog, software ini membuat perekaman layar dan pengeditan video menjadi mudah dan nyaman. Ini adalah perangkat lunak yang kuat yang dapat membantu Anda membuat video profesional.


loading...
Ratings: 
Posted by Jalak Ikal, Published at 10 April and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi