Ads 728x90

Dede Ubed 30 April 0 komentar Read
adscblog
Langkah pertama yang admin lakukan adalah melakukan troubleshooting dengan melakukan pengecekan dengan cara membuka notepad, kemudian mulai mencoba untuk mengetik dengan keyboard fisik atau keyboard asli pada laptop / notebook dan hasilnya sama sekali tidak muncul satupun karakter yang muncul pada halaman aplikasi notepad, namun setiap kali saya menekan setiap tombol yang ada pada keyboard, selalu muncul nada tombol seperti pada android.

Percobaan kedua, admin tutorialengkap.com mencoba untuk memeriksa apakah numb lock sedang aktif? Ternyata pada saat itu tombol numb lock juga dalam keadaan tidak aktif. Sehingga admin kembali melakukan pengecekan terhadap pengaturan Bahasa keyboard yang mungkin berubah dengan Bahasa lain sehingga membuat fungsi keyboard berubah. Dan lagi-lagi tidak ada yang berbeda, semua pengaturan Bahasa input keyboard masih sama seperti sebelumnya.

Percobaan ketiga, admin tutorialengkap melakukan pengecekan driver keyboard, ternyata driver telah terpasang dengan benar. Secara langsung Admin pun mengambil kesimpulan bahwa ini adalah error yang disebabkan oleh settingan pada software, bukan dikarenakan kerusakan hardware keyboard dan juga drivernya.

Troubleshooting selanjutnya, admin tutorialengkap.com mencoba melakukan test mengetik dengan menggunakan virtual keyboard, kemudian memulai untuk mengetik pada notepad dengan menggunakan virtual keyboard. Hasilnya ternyata sama saja, keyboard tidak berfungsi dan disertai dengan suara nada tombol keyboard seperti nada sentuh tombol yang ada pada smartphone android.

Setelah beberapa menit pusing karena permasalahan keyboard yang mendadak tidak berfungsi pada Windows 10, akhirnya admin dibantu oleh pak Andrias (atasan admin) yang memberikan petunjuk untuk memeriksa pada pengaturan Ease of Access Center pada control panel windows 10.

kemungkinan yang terjadi adalahToggle Keys atau Sticky Keys aktif. Toggle Keys dapat mengeluarkan suara bip saat tombol Lock ditekan. Sedangkan Sticky Keys dapat mengeluarkan suara bip ketika tombol Ctrl, Alt, Shift, dan Lock ditekan. Langkah-langkah untuk menonaktifkanya adalah sebagai berikut.

Tutorialengkap Cara Mengatasi Keyboard Mendadak Tidak Berfungsi Pada Windows 10

1. Buka control panel pada windows, kemudian pilih ease of access , lalu pilih atau klik pada tulisan Change How Your Keyboard Works, sehingga anda sekarang masuk ke halaman Make the keyboard easier to use

 2. Selanjutnya, pada halaman Make the keyboard easier to use, silahkan buang tanda centang pada pilihan Turn on Mouse Key, Buang tanda centang pada Turn on Sticky Keys, Buang tanda centang pada Turn on Toggle Keys, buang tanda centang pada pilihan Turn on Toggle kay by holding down the numb lock key for 5 seconds, buang juga tanda centang pada pilihan turn on filter keys. Kemudian klik pada tombol Apply untuk menyimpan, lalu klik juga pada tombol OK.

3. Selesai, silahkan tutup semua halaman control panel yang terbuka.

Dengan membuang semua tanda centang pada pengaturan ease od access pada pengaturan keyboard di windows, seharusnya keyboard pada computer atau notebook anda sekarang sudah bias berfungsi dengan normal kembali seperti biasanya.

Cara ini sudah admin tutorialengkap.com praktekkan dan terbukti berhasil 100% sehingga keyboard notebook yang tidak berfungsi secara tiba-tiba tersebut dapat beroperasi dengan normal kembali.

Itulah pengalaman sekaligus tutorial singkat tentang tutorial lengkap mengatasi keyboard tidak berfungsi secara tiba-tiba pada windows 10 yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.
adscblog

ads1
Posted by Dede Ubed, Published at 30 April and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi

Ads 728x90