Ads 728x90

Dede Ubed 28 April 0 komentar Read
adscblog
Memperbaiki Keyboard Error Huruf menjadi Angka pada Laptop - Dalam tutorial ini, admin akan menjelaskan tentang tutorialengkap bagaimana cara mengatasi permasalahan pada keyboard dimana keyboard laptop tidak sesuai saat diketik, misalnya ketika diketik atau ditekan pada tombol huruf, maka yang muncul di layar adalah angka, diketik huruf M munculnya malah huruf lain. Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan menjengkelkan.

Bagi anda yang mengalami masalah keyboard laptop error seperti yang admin tutorialengkap alami, mungkin tutorial atau tulisan ini bisa anda simak sejenak untuk mengatasi masalah keyboard yang anda alami, siapa tau solusi yang admin tutorialengkap berikan bermanfaat untuk anda.

Sekedar bercerita dari pengalaman admin tutorialengkap, dimana Beberapa waktu lalu, ada salah satu teman admin tutorialengkap yang minta untuk dibantu install sebuah program, dimana program ini harus diinstall secara online.

Nah untuk menyambung ke Wifi, mestinya admin harus mengetikkan password wifi di laptop tersebut, sedangkan password yang admin tutorialengkap ketikkan ini harusnya sudah benar, malah menjadi salah terus, ternyata setelah admin tutorialengkap cek ternyata hasil ketikkan keyboard yang admin ketikkan tidak sesuai dengan tombol yang admin tutorialengkap tekan.

Error keyboard seperti ini tentu saja sangat mengganggu, apa lagi pas laptop sedang perlu mau dipakai.

Dalam kasus keyboard error seperti ini, terkadang orang langsung menyimpulkan bahwa tombol keyboard ini rusak, dan orang akan membawanya ke tukang service untuk dilakukan perbaikan bahkan penggantian keyboad.

Namun jika anda mau melakukan troubleshooting terlebih dahulu, mungkin anda bisa memperbaikinya sendiri dan akan menghemat uang anda.


[Gejala Permasalahan] Apa Saja Kendala Saat Keyboard Error

Gejala yang terjadi pada saat error adalah beberapa tombol diantaranya adalah Tombol : U, I, O, P, J, K, L, M berubah menjadi angka saat diketik dan tidak menghasilkan karekter aslinya dan justru berubah menjadi karakter Angka.


[ Troubleshooting ] Penyebab Kenapa Keyboard Error

1. Jika kita amati, keyboard yang error ini masih bisa kita ketik dan menampilkan karakter pada layar, hanya saja karakter yang muncul tidak sesuai dengan apa yang kita ketik.
Hal ini berarti keyboard laptop kita baik baik saja dan tidak ada kerusakan pada tombol fisik.

2. Apa yang menyebabkan hasil keyboard yang diketik tidak sesuai ?
Sebenarnya pada keyboard laptop memiliki tombol khusus yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan tombol Fungsi Num lock sehingga jika mode ini aktif maka akan merubah fungsi beberapa tombol menjadi tombol angka.

Lalu bagaimana cara mengatasi atau menonaktifkan fungsi atau mode Num Lock pada keyboard laptop ?

[Solusi ] Cara Mengatasi Keyboard Laptop Berubah Menjadi Angka

Jika masalah terjadi dimana keyboard berubah mejadi angka saat diketik, kita bisa mengatasinya dengan cara menonaktifkan fungsi num lock pada keyboad.

Caranya adalah dengan cara Tekan dan tahan tombol Fungsi (Fn) bersamaan dengan tombol Num Lock atau biasanya di Keyboard tertulis Num lk.

Perlu diingat bahwa masing-masing merek dan type laptop memiliki posisi dan letak tombol Num Lock yang berbeda, Sebagai Contoh disini admin tutorialengkap Menggunakan Laptop merek Asus dimana tombol Num Lock Menyatu dengan tombol Insert.
Sedangkan pada laptop dengan merek Acer, pada umumnya Tombol Num Lock Menyatu dengan  Tombol F11


Mengingat posisi atau letak tombol Num Lock yang berbeda pada setiao merek dan type laptop, jadi silahkan anda sesuaikan sendiri dengan merek dan type laptop yang anda gunakan.

[Test] Pembuktian /Pengecekan Apakah Fungsi Mode Num Lock Telah dimatikan.

Setelah kita selesai melakukan percobaan untuk mematikan  fungsi num lock pada keyboard laptop, sekarang saatnya kita menguji atau mencoba tombol yang sebelumnya bermasalah tadi apakah tombol U, I, O, P, J, K, L, M sudah bisa menampilkan karakter sesuai dengan yang ingin kita ketik (tidak menampilkan angka).

Silahkan buka aplikasi notepad pada laptop anda, dan coba mengetik menggunakan tombol U, I, O, P, J, K, L, M  pada keyboard, dan lihatlah hasilnya apakah sudah sesuai.
Jika hasil yang anda ketik sudah sesuai, dan tidak menampilkan karakter angka, berarti mode numlock telah berhasil dimatikan.


Kesimpulan.

Keyboard pada laptop sebenarnya memang sudah dilengkap dengan mode numlock, hal ini dimaksudkan agar jika kita bekerja dan hanya ingin menggunakan atau mengetik angka, kita bisa lebih mudah dengan posisi tombol yang berdekatan.
Berbeda dengan tombol angka default pada kayboard laptop yang posisinya sejajar dibagian atas yang cenderung lebih susah digunakan jika kita ingin mengetik banyak angka dalam waktu yang cepat.

Namun terkadang fungsi num lock ini secara tidak sengaja kita aktifkan dan justru malah akan membuat kita bingung sendiri karena tombol yang harusnya menghasilkan huruf kok malah menampilkan angka.

Selain itu masih banyak juga orang yang belum tau mengenai adanya fungsi numlock pada keyboard laptop, sehingga akan membuat pengguna bingung.
Oleh karena itu dengan adanya tutorial ini, admin tutorialengkap berharap agar tutorial cara mengatasi tombol keyboard berubah menjadi angka ini dapat membantu anda untuk mengatasi masalah tombol tersebut.

Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya
Sumber : Tutorialengkap.com
adscblog

ads1
Posted by Dede Ubed, Published at 28 April and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi

Ads 728x90