Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Ke Chat WA Pribadi

Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Ke Chat WA Pribadi

Jalak Ikal 06 April 0 komentar Read
Banyak penjual online yang tidak tahu cara membuat link WA yang benar. Padahal, teknik ini mampu untuk meningkatkan closing setiap penjualan dan membangun database pelanggan.
Pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara membuat link WA secara step by step untuk pemula.

Yang Harus Anda pelajari di antaranya
  • Pertama, Anda akan mengerti kegunaan fitur click to chat
  • Kedua, Anda akan belajar aturan dasar cara membuat link WhatsApp.
  • Ketiga, Panduan praktis secara step by step tentang bagaimana cara membuat link WA. Anda akan belajar dari teknik dasar sampai advanced.
  • Terakhir, Anda akan mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pemula saat membuat link WA.
Jika Anda seorang penjual online yang ingin membangun database pelanggan, Anda pasti menyukai panduan praktis ini. Let’s get started!

Apa Itu Click to Chat?

Click to chat merupakan fitur dari aplikasi WhatsApp yang berfungsi untuk memulai percakapan WA tanpa perlu menyimpan nomor telepon. Apa keunggulan fitur click to chat?
  1. Anda dapat mengirim pesan privat secara langsung.
  2. Anda dapat melakukan chatting dengan hanya sekali klik. Anda tidak perlu menyimpan nomor telepon terlebih dahulu. Just one click!
  3. Anda dapat membuat pesan pembuka (default message) sesuai kebutuhan.
Hasil akhir click to chat berupa link URL (Uniform Resource Locator) WhatsApp. Jadi, apabila link WA tersebut Anda klik, Anda bisa memulai percakapan WA secara otomatis.
Contoh Tampilan Click to Chat:
  1. Tampilan URL Link WA:
https://api.whatsapp.com/send?phone=6285728234562&text=Halo%20Admin%20Saya%20Mau%20Order
Kesimpulannya, fitur click to chat WhatsApp akan membuka halaman chat WA secara otomatis tanpa perlu menyimpan nomor telepon terlebih dahulu.
Fitur ini dapat berjalan pada aplikasi WhatsApp Web dan WhatsApp Mobile. Anda dapat mengatur text pembuka percakapan sesuai keinginan Anda.

Fungsi API WhatsApp Link

API WhatsApp link merupakan link website yang berfungsi untuk mengaktifkan fitur click to chat. Bagaimana wujud dari API WhatsApp? Tampilan url lengkap API WhatsApp link seperti ini https://api.whatsapp.com/.
Dan untuk tampilan websitenya, seperti gambar di bawah ini:

Apa fungsi dari API WhatsApp?
  • Pertama, API (Application Programming Interface) WhatsApp berfungsi untuk mengintegrasikan link click to chat WA agar compatible dengan berbagai aplikasi lain. Misal: API WhatsApp terintegrasi dengan website, email, Instagram, dan Facebook. Jadi, jika Anda membagikan link WA pada platform tersebut, fitur click to chat akan aktif.
  • Kedua, Sebagai tempat kustomisasi text pembukaan untuk fitur click to chat.
  • Ketiga, Untuk mempercepat proses chatting antar pengguna WhatsApp. Karena dengan memakai API WhatsApp, Anda bisa melakukan chat WA tanpa perlu menyimpan nomor telepon.
  • Terakhir, Untuk mendukung ekosistem jual beli online melalui aplikasi WhatsApp.
Catatan: Pengguna WhatsApp Indonesia lebih mengenal API WhatsApp dengan sebutan link WA. Untuk memudahkan pemahaman Anda, saya akan mengganti penyebutan API WhatsApp dengan link WA. Jadi, jangan bingung ya!


Posted by Jalak Ikal, Published at 06 April and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi

ggggggggg