Cara Ampuh Agar Video di Youtube Banyak Penonton nya

Cara Ampuh Agar Video di Youtube Banyak Penonton nya

Jalak Ikal 06 April 0 komentar
Anda mungkin menghasilkan konten video yang luar biasa dan menjalankan channel YouTube yang hebat, tetapi jika Anda tidak berusaha keras untuk mempromosikannya, mendapatkan penonton dan subscriber baru bisa menjadi sebuah hal yang sangat sulit.

Anggap saja sebagai Corong. Untuk menjadi subscriber Anda, seseorang harus menemukan video Anda melalui pencarian YouTube atau melalui link rujukan, baru mungkin mereka akan menonton video Anda, dan kemudian jika mereka merasa video Anda cukup menarik, mereka akan subscribe atau berlangganan ke channel YouTube Anda.

Namun, ketika Anda baru memulai, itu memang akan menjadi sesuatu hal yang sulit. Katakanlah, dari 10 orang yang telah menemukan video Anda, hanya 8 yang mungkin akan memilih untuk menontonnya, hanya 6 diantara mereka yang akan menontonnya sampai akhir, dan 3 dari mereka mungkin akan menekan tombol subscribe untuk berlangganan di channel YouTube Anda.

Di artikel ini, saya telah mengumpulkan praktik terbaik untuk membantu Anda memberikan cara agar video YouTube banyak penontonnya agar channel Anda mendapat lebih banyak perhatian dari pemirsa.

1. Tulis judul dan deskripsi yang relevan dan menarik

Berbicara dalam bahasa yang sama dengan audiens Anda sangat penting, dan meskipun Anda mungkin ingin menjadi kreatif dengan judul, Anda harus menggunakan istilah yang persis dengan yang Anda inginkan untuk video Anda. Mesin pencari YouTube berfungsi mirip dengan Google, jadi spesifik dan gunakan kata kunci yang akan digunakan oleh pemirsa yang Anda inginkan.

Jika Anda tidak yakin dengan pilihan kata atau topik Anda? Anda bisa memanfaatkan Google Trends, Silahkan buka Google Trends dan ketik ide-ide judul atau kata kunci Anda untuk membandingkan tingkat minat dari masing-masing kata kunci.

Demikian pula, deskripsi diyakini memiliki sedikit dampak pada pengoptimalan pada mesin pencari YouTube, namun, itu tidak berarti Anda tidak boleh mengabaikan bagian deskripsi tersebut kosong atau hanya menggunakannya untuk mengulangi kata kunci Anda.

Misalnya, ketik “Resep masakan padang” di pencarian YouTube, dan Anda akan melihat puluhan video dengan judul yang sama dimunculkan. Kemungkinannya, video Anda tidak menjadi perhatian dari calon pemirsa Anda. Dalam kasus seperti itu, manfaatkan baris pertama deskripsi video dengan kalimat yang menarik agar mendapat perhatian. Gunakan itu untuk menjelaskan perbedaan video Anda, dan mengapa itu layak ditonton.

2.Buat Thumbnail atau Gambar depan Yang Menarik

Banyak pengguna pemula YouTube percaya thumbnail tidak penting karena mereka tidak memiliki pengaruh pada mesin pencari dan tidak akan membantu video muncul di halaman pertama YouTube.

Namun, sama seperti deskripsi, thumbnail memiliki dampak yang luar biasa pada rasio klik-tayang video sehingga video YouTube banyak penontonnya. Dengan kata lain, seorang pencari video seringkali tertarik dengan thumbnail yang terlihat lebih menarik dan profesional. Jadi pastikan Anda membuat thumbnail sebaik mungkin agar membuat mereka tertarik untuk membuka video Anda.

3.Atur Video Menjadi Daftar Putar

Ada dua manfaat yang tidak terlihat saat membuat daftar putar. Pertama, bersama dengan thumbnail, daftar putar membuat saluran Anda teratur dan lebih mudah dinavigasi. Itu berarti, pemirsa cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi topik yang mereka minati. Kedua, daftar putar membawa nilai pengoptimalan dan membantu Anda tampil dalam hasil pencarian.

Mengatur playlist dengan baik, judul dan deskripsi daftar putar adalah informasi tambahan untuk algoritma YouTube untuk memahami apa isi video Anda. Jadi pastikan Anda tidak kehilangan kesempatan untuk mengulangi kata kunci dan meningkatkan peluang video Anda ditemukan agar video YouTube Anda lebih banyak penontonnya.

4. Awali video dengan menarik

Apakah Anda tahu bahwa rentang perhatian orang kebanyakan hari ini adalah antara 8 dan 12 detik? Untuk industri vlogging, itu bisa berarti bahwa jika Anda tidak menarik perhatian pemirsa di detik-detik pertama, kemungkinan besar mereka akan meninggalkan video Anda.

Untuk melihat seberapa menarik perhatian video Anda, buka Creator Studio → Analytics → Audience retention. Grafik menunjukkan persentase pemirsa menurun saat video berlanjut. Dalam grafik di bawah ini, terlihat bahwa 40% pemirsa telah kehilangan minat setelah satu menit, dan hanya sedikit lebih dari 20% menonton video sampai akhir.

Video setidaknya dikatakan lumayan berhasil adalah setidaknya pemirsa menghabiskan 50%, yang berarti mereka menonton video sampai pertengahan. Namun, jika Anda melihat sebagian besar audiens hanya menghabiskan waktu 10 detik pertama atau tidak lebih dari satu menit, itu berarti video Anda tidak menarik minat penonton di awal waktu. Jadi, pastikan mengawali video Anda dengan hal menarik. Sebagai contoh, tampilkan cuplikan poin penting atau hal terseru di awal video.

5. Langsung ke intinya

Jangan buang waktu untuk intro yang panjang atau pembicaraan yang tidak jelas. Brian Dean, pakar SEO dan pemasaran konten, merekomendasikan penggunaan “formula PPP”, yang merupakan singkatan dari Preview, Proof, Preview agar video YouTube banyak penontonnya.

Menurut Brian, sekali Anda membuat seseorang menonton 15 detik pertama video Anda, kemungkinan mereka akan menontonnya sampai akhir. Untuk melakukan itu, gunakan detik-detik berharga itu untuk memberi tahu penonton tentang video Anda, jelaskan mengapa mereka harus mempercayai Anda, dan tambahkan teaser pendek atau intipan untuk memicu minat dan memotivasi penonton untuk tetap tinggal sampai video berakhir.

Tahan godaan untuk menggunakan efek khusus – mereka sering mengganggu. Bermainlah dengan teks berkontur minimalis dan transisi yang halus. Untuk tetap berpegang pada rencana mempromosikan channel YouTube gratis tanpa biaya.

6. Akhiri dengan Ajakan Bertindak

Inilah yang diketahui oleh setiap marketer yang sukses: jika Anda tidak bertanya, orang tidak akan bereaksi. Ingat tentang rentang perhatian dan dunia gangguan konstan yang kita jalani? Inilah sebabnya mengapa ajakan bertindak diperlukan.

Bahkan jika seseorang menikmati video Anda, ada kemungkinan mereka akan lupa untuk memberi like atau subscribe ke channel Anda. Jadi, saya rasa penting bagi Anda untuk mengingatkan mereka untuk menekan tombol like dan subscribe. Karena Anda telah bekerja keras untuk membuat video tersebut dan memberikan nilai bagi pemirsa, jadi tidak ada alasan juga untuk malu meminta sedikit “Love” sebagai imbalan.

Anotasi dulunya merupakan alat tambahan yang bagus untuk mendapatkan pelanggan, tetapi permintaan pribadi selalu lebih efisien. Memotivasi penonton untuk menjadi bagian dari audiens Anda dengan mengatakan apa yang harus mereka harapkan dari video Anda berikutnya, dan apa yang ada untuk mereka.

7. Promosikan silang video Anda melalui media sosial

Mempromosikan konten Anda secara silang pada berbagai platform adalah cara luar biasa untuk ditemukan oleh audiens baru. Yang benar adalah, Anda tidak pernah tahu bagaimana subscriber berikutnya akan menemukan channel Anda: bisa melalui mengklik tautan rujukan, menelusuri tagar Twitter, atau menggulir umpan berita di Facebook. Karena itu, membagikan video di berbagai platform bermanfaat untuk menumbuhkan komunitas.

Alur kerja promosi Anda mungkin termasuk menyematkan video ke dalam posting blog, membagikannya melalui Twitter, menerbitkan di Facebook dan Pinterest. Ini semua tentang repurposing. Jika Anda ingin terdengar otentik – buat pesan Anda secara berbeda untuk setiap platform. Mungkin butuh 10 menit ekstra, namun, terbayar dalam jangka panjang.

Untuk menganalisis kinerja strategi lintas-promosi Anda, buka Creator Studio → Analytics → Traffic sources → External. Anda akan melihat volume lalu lintas yang tepat dari situs web yang menautkan ke video Anda, atau menyematkannya.

Tip Tambahan: Jika Anda memiliki halaman Facebook untuk channel Anda, Anda dapat bereksperimen dengan mempromosikan postingan Anda untuk pemirsa baru hanya dengan biaya $5 untuk melihat apakah itu bekerja dengan baik dan menjadikan video YouTube Anda banyak penontonnya.

8. Jadilah anggota aktif di forum

Apakah Anda seorang vlogger yang membahas tentang video drone, seorang penata rias, seorang gamer, atau lainnya – ada forum dan komunitas untuk setiap bidang. Mulai berpartisipasi dalam komunitas yang memiliki niche yang sama dengan Anda.

Tujuan Anda adalah memastikan orang tahu apa yang sedang Anda kerjakan, tanpa menjadi spammer. Jangan hanya membagikan tautan ke video Anda, tetapi berikan pendapat dan saran Anda, sambil memiliki tautan ke saluran Anda di bio atau signature Anda. Dengan cara ini maka dengan cepat akan membuat channel dan video YouTube Anda akan banyak penontonnya.

9. Berkolaborasi dengan YouTuber lainnya

Sangat penting bagi YouTubers untuk berkolaborasi karena ini adalah cara untuk mendapatkan penonto baru, dan pengalaman keseluruhan yang menyenangkan. Dan cara berkolaborasi adalah cara yang sangat jitu agar channel Anda terkenal dan video YouTube banyak penontonnya, banyak juga YouTuber profesional melakukan hal ini.

Jangkau YouTuber lain yang dapat memberikan nilai tambahan untuk audiens Anda. Jika Anda mereview smartphone, cari YouTuber lain yang mengulas aplikasi atau aksesori smartphone; jika Anda berbicara tentang tren makeup, Anda mungkin ingin berkolaborasi dengan para fashionista; YouTubers DIY dapat berhasil berkolaborasi satu sama lain.

Anda bahkan dapat bertanya kepada pelanggan Anda apa saluran lain yang mereka tonton untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang mereka minati.

Agar video YouTube Anda banyak penontonnya memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi jika Anda bekerja keras dan melakukan sebagian besar tips diatas maka dalam waktu dekat Channel dan video Anda akan tumbuh dengan penonton dan subscriber yang banyak. Dan jangan lupa bahwa untuk selalu meningkatkan kualitas isi video Anda agar video YouTube Anda selalu dinanti dan banyak penontonnya setiap kali Anda upload yang baru. Selamat mencoba dan semoga berhasil

Ratings: 
Posted by Jalak Ikal, Published at 06 April and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi