Ads 728x90

Dede Ubed 01 April 0 komentar Read
adscblog
Sejak hadirnya internet, pelayanan bank juga hadir untuk mempermudah penggunanya dengan membawa kemudahan transaksi via internet banking. Saya pribadi adalah pengguna internet banking sejak beberapa tahun yang lalu, dan ini merupakan jenis layanan transaksi bank yang paling sering saya gunakan di banding dengan jenis transaksi lainnya.

Selain internet banking memudahkan kita dalam bertransaksi dalam mengirim uang secara online dan dapat dilakukan dimana saja selama terhubung dengan internet, proses transaksi internet banking juga sangat cepat. Dan hal yang menarik adalah internet banking memberikan limit transfer yang sangat besar dibanding di mesin atm maupun mobile banking.

Dengan menggunakan fitur transaksi internet banking ini akan memudahkan Anda dalam transaksi mengirim uang dan melakukan berbagai macam jenis pembayaran seperti beli pulsa, bayar tagihan listrik, bayar ke toko online, bayar angsuran kredit dan masih banyak lagi. Dengan mengaktifkan internet banking, Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor bank maupun ke mesin ATM yang tentu saja itu sangat antri dan mungkin jauh dari tempat tinggal Anda.
Jika Anda sekarang berniat untuk mengaktifkan fitur internet banking, Anda bisa datang ke kantor bank dimana Anda membuat akun bank Anda. Disana Anda bisa meminta petugas bank untuk mengaktifkan internet banking pada akun Anda.

Namun, hal yang perlu Anda ketahui tentang internet banking adalah soal keamanan. Dimana internet banking merupakan layanan bank yang paling rentan terhadap peretasan akun dan juga kejahatan penipuan online. Sebenarnya, fasilitas internet banking dari bank Anda sudah sangat aman, tapi Anda sebagai pengguna yang masih awam bisa saja teledor dan melakukan kesalahan sehingga terjadi penipuan yang mengakibatkan akun Anda mudah di retas dan Anda kehilangan uang Anda.
Di artikel ini saya akan membahas tentang beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan transaksi melalui internet banking agar terhindar dari penipuan dan peretasan akun bank Anda

Beberapa Hal Yang Perlu di Perhatikan Ketika Anda Melakukan Transaksi di Internet

Dibawah ini adalah hal-hal yang perlu Anda waspadai ketika Anda sedang bertransaksi melalui internet banking. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak penipuan online terjadi beberapa tahun terakhir ini, apalagi ini mendekati hari raya idul fitri, dimana akan ada banyak sekali orang bertransaksi online dengan menggunakan internet banking, hal ini tentu akan digunakan oleh penjahat online untuk menipu siapa saja pengguna internet banking, jadi tetap selalu berhati-hati dan selalu perhatikan hal-hal dibawah ini ketikat bertransaksi internet banking :

1. Bank tidak akan pernah menghubungi Anda dan menanyakan detail akun Anda

Hal pertama dan paling penting yang harus Anda ingat adalah bank tempat Anda membuka rekening bank, mereka tidak akan pernah menelepon Anda dan menanyakan detail rekening Anda. Detail seperti nama pengguna internet banking Anda, kata sandi, kartu debit atau nomor kartu kredit, PIN ATM atau nomor CVV.
Jika Anda pernah menerima panggilan dan menanyakan detail tersebut, maka jangan pernah membagikan rincian Anda, jika Anda melakukannya, mereka akan menyalahgunakan detail Anda dan menggunakan rekening bank Anda. Selain itu, juga selalu ingat nomor call center resmi dari bank Anda untuk menghindari hal-hal semacam ini.

2. Selalu Periksa alamat situs Web Internet Banking anda dan Pastikan menggunakan https

Karena meningkatnya upaya peretasan webmaster (pemilik situs web) mencoba yang terbaik untuk melindungi data yang dimasukkan oleh pelanggan mereka di situs web agar terlindungi antara browser Anda dan jaringan sebagai jembatan ke akses internet banking.
Situs internet banking tentu menggunakan sertifikat SSL di situs web mereka untuk menjamin perlindungan kartu kredit, kartu debet, dll. Jadi peluang untuk diretas oleh penipu sangat kecil.
Selain itu, jika Anda adalah pemilik situs web dan belum menginstal sertifikat SSL disitus web Anda, maka Anda sebaiknya juga menggunakan SSL untuk melindungi data pengguna Anda. Dulu SSL sangat mahal tetapi saat ini SSL sangat murah seperti Comodo SSL dan bahkan ada yang gratis seperti Let’s Encrypt.

3. Selalu Ganti PIN ATM dan Password Internet Banking Secara Teratur

Anda harus selalu dengan rutin mengganti Kode PIN kartu ATM dan kata sandi internet banking Anda secara teratur agar tetap aman. Karena bahkan jika ada orang yang tidak berwenang mengetahui PIN atau kata sandi Anda, ia tidak dapat menggunakannya karena Anda telah mengubahnya. Bahkan beberapa bank mengingatkan pemegang rekening mereka untuk mengubah kata sandi mereka dengan mengirim SMS kepada mereka secara teratur.

4. Jangan Gunakan Komputer dan Jaringan Internet Publik Untuk Akses Internet Banking

Komputer publik dan juga jaringan internet publik seperti yang bisa Anda dapatkan di kafe atau warnet sangat rentan terhadapat bobolnya informasi akun bank Anda. Selain karena banyak orang menggunakan komputer di tempat-tempat tersebut. Ada kemungkinan bahwa komputer-komputer tersebut mungkin memiliki virus yang diinstal yang mungkin merekam penekanan tombol yang Anda masukkan, dan jaringan publik juga mungkin di install software yang dapat memfilter setiap jenis login akun ke berbagai akun penting.

Jika Anda memiliki urgensi dan Anda harus menggunakan komputer umum untuk masuk ke akun internet banking Anda, Pastikan untuk menggunakan VPN atau setelah menggunakan komputer publik pastikan Anda menghapus riwayat atau history termasuk cache, cookie, dan hapus semua file sementara di komputer tersebut.

5. Perbarui Nomor HP Anda di Rekening Bank

Ketika Anda membuka rekening bank di salah satu bank, cukup jelas bahwa nomor HP Anda akan dihubungkan ke rekening bank Anda. Anda menerima pemberitahuan SMS pada nomor ponsel Anda setiap kali transaksi terjadi di rekening bank Anda. Jadi itu akan membantu Anda untuk melacak transaksi yang terjadi di rekening bank Anda.
Jika Anda mendapatkan pemberitahuan SMS yang mencurigakan seperti Anda telah menggunakan kartu debit atau masuk ke akun internet banking Anda. Jika Anda belum melakukannya, Anda dapat memblokir akses segera. Jika nomor ponsel yang ditautkan ke akun Anda sudah usang maka Anda harus memperbarui nomor ponsel di rekening bank sesegera mungkin.

6. Selalu Gunakan Anti-Virus yang Berlisensi dan Aktif

Di komputer pribadi Anda ketika Anda ingin mengakses internet banking, selalu pastikan untuk menginstal software anti virus terbaik di komputer Anda yang aktif, update dan berlisensi. Karena software anti virus tersebut sudah di desain itu akan mencegah Anda dari phishing dan serangan lain di komputer Anda sehingga transaksi melalui internet banking Anda tetap aman.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus selalu Anda ingat dan perhatikan ketika Anda ingin bertransaksi atau membuka akun internet banking Anda agar tetap aman dan terhindar dari penipuan online yang bakal merugikan Anda.

adscblog

ads1
Posted by Dede Ubed, Published at 01 April and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi

Ads 728x90