Ads 728x90

Dede Ubed 14 April 0 komentar Read
adscblog
Aplikasi WhatsApp menjadi salah satu jenis aplikasi kirim pesan yang sangat populer untuk digunakan. Hal ini tidak terlepas dari berbagai kemudahan fitur yang ditawarkan.
Fitur-fitur seperti melakukan panggilan telepon, melakukan video call, dan berkirim teks sudah pasti sangat familiar untuk digunakan di kalangan pengguna WhatsApp.

Namun, dibalik fitur umum tersebut, ternyata WhatsApp juga menyimpan beberapa trik yang bisa semakin mempermudah dan membantu kebutuhan pengguna. Lalu, apa saja tips dan trik WhatsApp tersebut?

Untuk tips dan trik WhatsApp sendiri akan dibagi menjadi 2 (dua) trik utama, yaitu trik umum dan juga trik privasi WhatsApp. Keduanya akan sama-sama sangat membantu kebutuhan dalam berkirim pesan sekaligus tetap menjaga privasi penggunanya.

Pada bagian trik umum WhatsApp akan dijelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu pengguna dalam mempercepat mobilitas menggunakan WhatsApp dan segala urusan yang bersifat umum. Seperti misalnya mencari chat penting, mencari percakapan mana yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan dan sebagainya.

1. Mencari Chat Penting dalam Percakapan

Dalam suatu waktu mungkin pengguna akan memerlukan sebuah informasi penting berupa chat dari salah satu percakapan seperti alamat rumah, nomor rekening, atau apa pun itu yang sebelumnya tidak sempat ditandai bintang.

Namun seringkali hal ini akan sulit ditemukan karena sudah tertutup dengan percakapan yang baru. Lantas bagaimana solusi untuk menemukan chat penting ini tanpa memakan banyak waktu?

Langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Buka ruang percakapan kontak
  2. Kemudian, silahkan klik pada bagian titik-titik tiga di pojok kanan atas dan pilih “Cari”
  3. Setelah itu silahkan tuliskan satu atau dua kata yang diingat dari informasi penting yang akan dicari dalam percakapan tersebut. Misalnya ingin mencari nomor rekening, maka silahkan ketikkan “nomor rekening” dalam kotak pencarian.
  4. Dan terakhir, silahkan klik tanda panah ke atas (^) untuk mencari di chat lama.

2. Menemukan Percakapan yang Menghabiskan Ruang Penyimpanan

WhatsApp seringkali memakan banyak ruang penyimpanan daripada aplikasi lainnya. Hal itu biasanya disebabkan oleh media berupa foto, video, pesan audio, stiker, GIF, hingga file dokumen yang tersimpan otomatis di memori. Sehingga WhatsApp selalu menjadi penyebab memori internal smartphone menjadi penuh.

Sebelum memutuskan untuk menghapus data aplikasi untuk mengosongkan ruang memori, sebaiknya cek terlebih dahulu mana percakapan yang banyak menggunakan penyimpanan, karena akan sangat mungkin jika penuhnya memori justru disebabkan oleh salah satu percakapan WhatsApp.

Langkah yang bisa diambil adalah sebagai berikut :
  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih “Setelan”
  • Pada bagian setelan car pada pilihan “Penggunaan Data dan Penyimpanan” dan kemudian silahkan klik “Penggunaan penyimpanan”
  • Setelah itu akan terlihat mana percakapan yang paling banyak menggunakan penyimpanan, diurutkan dari paling banyak ke paling sedikit.

3. Mengembalikan Chat yang Terhapus

Saat tidak sengaja menghapus pesan penting di WhatsApp, maka tidak perlu merasa khawatir. Karena sebenarnya pesan yang sudah terhapus masih bisa dipulihkan, terutama pesan yang diterima maupun yang dikirim dalam 7 hari terakhir.

Semua pesan di WhatsApp telah tersimpan di kartu SD smartphone. Lakukan cara berikut untuk mengembalikan pesan yang terhapus:
  • Silahkan buka folder penyimpanan smartphone, kemudian pilih SD Card
  • Lalu buka folder WhatsApp, pilih folder Database.
Akan terdapat dua file yang bisa ditemukan, yaitu msgstore.db.crypt yang isinya adalah semua pesan obrolan yang diterima maupun dikirim dalam kurun waktu satu hari. Dan msgstore-tttt..hh..db.crypt yang isinya adalah pesan obrolan yang diterima maupun dikirim dalam kurun waktu seminggu terakhir.

Pengguna baru bisa membaca file tersebut jika smartphone telah memiliki aplikasi editor teks seperti aplikasi Kode Teks Editor. Jadi install terlebih dahulu aplikasi editor teks dan kemudian pilih percakapan mana yang ingin dipulihkan.
Trik WhatsApp yang Berkaitan dengan Privasi Pengguna

Privasi adalah masalah yang paling utama dalam menggunakan aplikasi chatting. Terutama WhatsApp. Terdapat beberapa trik yang bisa dilakukan oleh pengguna, untuk menjaga privasi mereka saat menggunakan aplikasi ini. Apa saja triknya?

Trik Khusus WhatsApp yang berkaitan dengan Privasi

1. Trik Untuk Menyembunyikan Terakhir Dilihat

Dalam aplikasi WhatsApp, akan diberikan kemudahan untuk melihat kapan terakhir kali seseorang membuka aplikasi WhatsApp mereka. Dan ketika sudah kembali aktif, maka akan muncul tulisan “online” dalam kontak tersebut.

Bagi beberapa orang informasi ini merupakan hal yang bersifat privasi sehingga tidak nyaman apabila waktu terakhir kali dilihat mereka dilihat oleh banyak orang.

Untuk mematikan fitur ini, ada beberapa langkah yang harus ditempuh sebagai berikut:
  1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp dan klik menu berupa titik-titik tiga di pojok kanan atas
  2. Kemudian, pilih pada menu “Setelan”, dan cari pilihan menu “Akun”.
  3. Setelah itu, lanjutkan untuk memilih menu “Privasi” untuk mematikan fitur tersebut.
  4. Klik pada pilihan menu “Terakhir Dilihat” dan ubah menjadi “Tidak Ada”
Dengan melakukan cara ini, maka orang lain tidak akan bisa melihat kapan terakhir kali pemilik WhatsApp membuka aplikasi mereka dan sebaliknya.

3. Menonaktifkan Centang Biru

Centang biru dalam WhatsApp memiliki arti bahwa pesan telah dibaca. Centang biru ini hanya akan bisa dilihat oleh kontak yang telah dihubungi oleh pengguna.

Jika mematikan fitur ini, orang lain hanya bisa melihat dua centang abu-abu saja yang berarti hanya pesan tersampaikan, tapi tidak terlihat jejak bahwa pemilik akun sebenarnya sudah membaca pesan tersebut.
  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp, klik pada menu berupa titik tiga di pojok kanan atas, dan pilih “Setelan atau Settings”
  • Kemudian pilih menu “Akun”, dan lanjutkan pada menu “Privasi”
  • Setelah itu, matikan pilihan “Laporan Dibaca”

4. Menandai Percakapan sebagai Unread (Belum Dibaca)

 Terlalu banyak pesan yang masuk membuat pengguna seringkali lupa membalas suatu percakapan. Nah untuk menghindari itu, maka tandai percakapan yang berencana dibalas nanti dengan menandainya sebagai percakapan yang belum dibaca.
  • Silahkan buka Aplikasi WhatsApp, kemudian tekan lama percakapan yang akan ditandai
  • Lalu klik menu (titik tiga di pojok kanan atas), dan pilih “Tandai Belum Dibaca”

5. Mengirim 2 Gambar dalam 1 Gambar

Bagi pengguna yang ingin sedikit jahil, bisa dilakukan dengan cara ngeprank melalui media di WhatsApp. Caranya adalah dengan menyembunyikan gambar asli dengan menutupinya menggunakan gambar palsu.

Semisal gambar aslinya adalah anak kucing lucu, sedangkan thumbnailnya justru malah memperlihatkan gambar aneh yang bikin penasaran.
  1. Silahkan download dan install dulu aplikasi MagiApp bagi pengguna android, atau FhumbApp untuk pengguna iPhone
  2. Setelah itu, buka aplikasinya, pilih dua foto yang berbeda. Satu sebagai gambar asli yang ingin ditunjukan, sedangkan satu lagi sebagai gambar palsu untuk thumbnail
  3.  Lalu klik Do Magic! Dan bagikan pada kontak yang ingin dituju.
Demikian tips dan trik WhatsApp 2020 yang bisa dicoba. Namun, sebelum melakukannya  pastikan terlebih dahulu bahwa sudah mengupdate WhatsApp dalam versi terbarunya ya! Supaya trik-trik tersebut bisa dilakukan dengan sempurna dan tanpa hambatan. Selamat mencoba!
adscblog

ads1
Posted by Dede Ubed, Published at 14 April and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi

Ads 728x90