Orang yang boleh meninggalkan Shalat Jum'at

Orang yang boleh meninggalkan Shalat Jum'at

Jalak Ikal 23 March 0 komentar Read

Bagi kaum muslimin di seluruh dunia,Hari jum'at merupakan hari special bahkan hari jum'at ini sering di sebut hari induk nya hari,selain itu bahkan ada sebuah Riwayat mengatkan Hari Jum'at ini merupakan hari yang mulia di antara Idul Adha atau Idul Fitri,Shalat Juma'at ini di laksanakan pada waktu Dzuhur dan sebagai pengganti Shalat Dzuhur.

Sebenar nya Banyak sekali ke istimewaan dari Hari Jum'at ini seandai nya kita bahas lebih rinci,seperti awal mulanya Adam di ciptakan,bertaubat nya nabi adam pada hari jum'at,dan di keluarkan nya nabi Adam dari Surga juga pada hari Jum'at,selain itu juga di hari Jum'at ini banyak sekali ke utamaan keutamaan yang akan di dapat oleh segenap muslim,tetapi pada Artikel ini kita bukan untuk membahas masalah itu,tetapi melainkan mereka yang boleh meninggalkan Shalat Jum'at.

Sebenar nya Shalat Jum'at ini wajib di kerjakan oleh setiap muslim,dan bagi mereka yang sengaja meninggalkan Shalat Jum'at ini dosa nya juga sangatlah besar,Barang siapa yang meninggalkan Shalat Jum'at berturut turut dengan sengaja,maka dia adalah di sudah di cap sebagi Kafir,sedangkan orang Kafir adalah musuh nya Umat Muslim,dan tempat nya juga kelak di Neraka.

Jadi Bagi setiap Umat Muslim jangan lah sekali kali untuk meninggalkan Shalat Jum'at ini,selain Dosa nya yang besar juga semasa Nabi Muhammad masih Hidup beliau sangat marah sekali apabila ada umat nya yang sengaja meninggalkan Shalat Jum'at ini,bahkan dalam sebuah riwayat menceritakan,beliau sangat marah sekali kepada mereka yang meninggalkan Shalat Jum'at ini bahkan Nabi akan membakar Rumah orang tersebut.

Ada sabda Rasulullah Saw yang di ceritakan Oleh Ibnu Mas'ud ra"Sungguh aku memerintahkan seseorang untuk shalat (Jum'at) dengan orang banyak,kemudian aku akan membakar rumah orang yang meninggalkan Shalat Jum'at (HR.Ahmad dan Muslim)

Begitulah kemarahan Rasulallah Saw kepada orang yang sengaja meninggalkan Shalat Jum'at,selain itu juga Allah Swt tidak akan tinggal diam terhadap orang yang sengaja meninggalkan Shalat Jumat ini,bahkan hukuman Allah lebih pedih ketimbang rumah di bakar dan Allah akan menutup hati mereka sehingga mereka akan tergolong kepada orang yang Lalai.

Di samping itu,walaupun Rasulallah Saw melarang keras kepada mereka yang meninggalkan Shalat Jum'at ini,tetapi ada sebagian orang atau sebagian Golongan yang boleh meninggalkan Shalat Ini,di antara nya adalah,Hambasahaya,perempuan,anak anak yang belum baligh dan juga orang orang baligh yang lagi sakit.

Jadi bagi mereka yang sudah baligh (Laki laki) dan dalam keadaan sehat jangan lah coba coba meninggalkan Shalat Jum'at,di setiap Shalat yang di perintahkan Rasulallah Saw tentu nya ada keutamaan tersendiri yang akan membuat kita termasuk kedalam orang yang di Ridhoi Allah,selain itu juga akan ada ancaman tersendiri bagi mereka yang sengaja meninggalkan nya.

Posted by Jalak Ikal, Published at 23 March and have 0 komentar

I manage this blog and post tutorials related to Blogger, SEO, Software Tools, Windows, CSS and Social Media. Did you find this blog helpful? Please socialize with us !!


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

* Silahkan Berkomentar Tetapi Sopan
* Jangan Meninggalkan Spam atau terkait lain nya
* Jangan Promosi